SEJARAH FAKULTAS SASTRA
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO


Fakultas Sastra Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FS UMP) merupakan salah satu Fakultas Sastra yang pertama berdiri di Jawa Tengah bagian barat. Fakultas Sastra didirikan pada tanggal 13 juli 2000 bersama dua Fakultas lain di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, yaitu Fakultas Farmasi dan Fakultas Hukum. Fakultas Sastra memperoleh status “Terdaftar” melalui surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 226/Dikti/Kep/2000 tanggal 13 Juli 2000. Pada saat ini Fakultas Sastra telah memperoleh akreditasi B dengan SK BAN-PT No. 0179/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 tahun 2017.

Saat ini Fakultas Sastra menawarkan 1 (satu) program studi unggulan yaitu Sastra Inggris S1. Visi dan misi Fakultas Sastra adalah menjadi fakultas yang unggul dan islami dalam bidang bahasa, sastra, dan penerjemahan serta aplikasinya dalam pengembangan jiwa wirausaha yang islami dan unggul bagi para lulusannya. Adapun penyelenggaraan kurikulum akademik Program Studi Sastra Inggris berfokus pada ilmu linguistik, ilmu sastra, dan penerjemahan. Struktur kurikulum mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang mengintegrasikan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.  

Untuk memenuhi capaian tersebut, Fakultas Sastra memiliki SDM dosen profesional bergelar S3 dan S2 lulusan dari dalam dan luar negeri dengan keahlian di bidang Ilmu Sastra, Ilmu Kajian Budaya, Ilmu Linguistik, Ilmu Penerjemahan, dan Ilmu Kependidikan.

Ketersediaan fasilitas yang baik, aman, dan representatif oleh institusi memberikan dukungan yang positif terhadap terciptanya kualitas atmosfer akademik yang baik di lingkungan Fakultas Sastra. Fasilitas tersebut dapat dilihat dari ruang perkuliahan yang nyaman dan representatif, laboratorium penerjemahan yang mutakhir, teknologi komunikasi dan internet yang baik dan memadai, perpustakaan fakultas yang representatif, dan unit kegiatan ekstrakurikuler dan kemahasiswaan yang terkelola dengan baik. Lingkungan Purwokerto yang asri, nyaman, dan strategis juga menjadi daya dukung tersendiri yang mampu memberikan pengalaman belajar, bermasyarakat, dan berbudaya yang unik dan berkualitas.

Untuk mendukung terwujudnya “international academic partnership”, secara regular Fakultas Sastra menyelenggarakan KONFERENSI INTERNASIONAL BIDANG PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING (COTEFL) dan SEMINAR INTERNASIONAL BIDANG SASTRA DAN LINGUISTIK (ISOLLING) yang memfasilitasi para pembicara, peneliti, dosen, mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri untuk mempresentasikan hasil-hasil kajiannya.

Fakultas Sastra UMP juga menyelenggarakan kerjasama aktif dengan lembaga-lembaga dari dalam dan luar negeri. Kerjasama dengan lembaga-lembaga dari dalam negeri dilakukan untuk mendukung program magang mahasiswa. Lembaga-lembaga tersebut di antaranya adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas, Satelit TV Purwokerto, SIP Publishing Purwokerto, Lion Air, Balai Bahasa, dan beberapa lembaga lainnya yang selaras dengan keunggulan fakultas.

Kerjasama luar negeri juga menjadi hal penting yang terus ditingkatkan untuk menguatkan eksistensi Fakultas Sastra di tingkat global. Kerjasama tersebut di antaranya adalah dengan Pajama Press Canada, Universitas Sofia Bulgaria, AIESEC Canada, Universiti Teknologi Malaysia, Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia, Universitas Khon Kaen Thailand, University of South Australia, Ohio State University, dan National Institute of Education Singapore. Kerjasama dilakukan dalam hal penyediaan dosen tamu, pembicara seminar, pereview jurnal, transfer kredit, joint research dan publikasi.