Copyright 2017 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Akreditasi B, Bukti Kualitas Nyata Fakultas Sastra

Prof. Galina Sokolova

Suasana gembira tengah melingkupi keluarga besar fakultas Sastra UMP, pasalnya Program Studi Bahasa Inggris S1 telah terakreditasi B. Hal ini didasarkan pada Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 0179/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017, tertanggal 10 Januari 2017. Akreditasi B ini sekaligus menjadi bukti bahwa kualitas penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Sastra sudah mencapai tingkat yang memuaskan dan mendapatkan pengakuan secara nasional. Pencapaian ini tentunya merupakan hasil dari kerja keras seluruh komponen fakultas yang selama ini telah memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan fakultas.

Sinergitas antara seluruh komponen ini pula yang menjadi salah satu kekuatan fakultas sastra untuk terus mengembangkan diri dengan berorientasi pada internasionalisasi secara komprehensif. Hal ini berarti bahwa untuk ke depannya fakultas sastra tidak hanya puas mendapatkan pengakuan kualitas secara nasional, namun juga mulai merambah ke tingkat internasional. Orientasi internasionalisasi ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah, karena untuk mencapainya dibutuhkan usaha yang ekstra keras dan tidak kenal lelah dari segenap pihak yang terlibat. Untuk itu, orientasi internasionalisasi bukanlah sebatas slogan, namun lebih dimaknai sebagai sebuah rencana terstruktur dan terarah dengan target capaian yang terukur serta didukung oleh adanya sumber daya yang memadai.

Oleh karena itu, akreditasi B pada hakikatnya bukan merupakan tujuan akhir, namun sebagai permulaan untuk lebih memantapkan visi menjadi fakultas yang unggul, modern dan Islami dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan jiwa kewirausahaan di bidang bahasa dan sastra serta penerjemahan. Untuk mencapai target internasionalisasi tersebut fakulas Sastra secara terus menerus melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kualitas tridharma perguruan tinggi maupun kualitas sarana dan prasarana pendukung lainnya. Selain itu fakultas Sastra juga terus meningkatkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik dalam skala regional, nasional maupun global.

Dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia, untuk lima tahun ke depan, seluruh dosen fakultas sastra ditargetkan harus sudah bergelar Doktor dan mempunyai jabatan akademik minimal lektor. Selain itu, para dosen juga terus didorong untuk melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas, sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah publikasi yang terindeks skopus. Dari sisi sarana dan prasarana, berbagai fasilitas laboratorium yang modern dan canggih telah dan terus akan ditingkatkan kualitasnya, untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Selain itu fakulas secara rutin mendatangkan native speaker sebagai dosen tamu dan para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa (students exchange) dengan berbagai universitas di luar negeri. Dari sisi pengembangan program studi dan untuk merespons minat masyarakat, Fakultas Sastra dalam waktu dekat juga akan membuka program studi Bahasa Arab dan Bahasa Mandarin.

 

Berbagai langkah ke arah kemajuan yang telah dan terus dilakukan Fakultas Sastra tersebut menjadi bukti bahwa fakultas mempunyai komitmen untuk selalu memberikan kualitas pendidikan yang baik sehingga lulusannya mempunyai kompetensi yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun global. Dengan semangat kebersamaan, loyalitas dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan kiranya cita-cita fakultas sastra untuk go international bukanlah sesuatu yang mustahil. Selain itu, jiwa yang tidak pernah cepat merasa puas dengan apa yang telah dicapai menjadi semangat tersendiri untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Salah satu buktinya adalah bahwa meskipun sudah terakreditasi B, dalam waktu dekat Fakultas akan mengajukan reakreditasi, dengan target mendapatkan akreditasi A pada tahun 2019. Hal itu tentunya bukanlah eforia, namun semata-mata untuk menjadikan kualitas fakultas sastra menjadi semakin nyata. (Condro Nur Alim). 

f t g m

Kontak Kami

Faculty of Letters

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239

Email : sastra@ump.ac.id

Web : http://sastra.ump.ac.id