• (0281) 636751,630463,634424 ext.137
  • sastra@ump.ac.id
  • Jalan Raya Dukuhwaluh P.O. BOX 202
    Kembaran, Banyumas

KAJIAN PEMUDA UNTUK GERAKAN MENDUNIA

06 November 2017 by Berita 1007 Views
Rate this item
(0 votes)

Civitas Akademika sebagai kaum muda Muhammadiyah memiliki peran penting untuk kemajuan generasikedepan. Dengan demikian Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI)  Bidang Pengkajian & Publikasi bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)se Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)dan PESMAKA KH. Abu Dardiri  menyelenggarakan Kajian Islam Tematik untuk mahasiswa baru bertajuk“Peran Kaum Muda untuk Gerakan Kemanusiaan”.

Acara dilaksanakan di Auditorium Ukhuwah Islamiyah dengan mengundang pemateri  M. Abdoel Malik R yang merupakan Anggota Tim Muhammadiyah ‘Aid (Aliansi Kemanusiaan Indonesia) dan Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah.

Dalam penyampaiannya, Abdoel Malik mengatakan peran kaum muda untuk gerakan kemanusiaan sangatlah dibutuhkan. Diantara untukmempelajari dan mengetahui ilmu agama Islam. “Telah disebutkan dalam ayat suci al Qur’an,terlebih pemuda di Perguruan tinggi, khususnya civitas akademika UMP merupakan kaum muda yang terdidik,” paparnya.

Menurutnya, pemuda bisa melakukan banyak hal ketika pemuda itu memiliki jatidiri yang kuat. “Jatidiri pemuda yang kuat bisa dinilai ketika pemuda tersebut memiliki akhlak, ikhsan, iman dan cakap,” tandasnya.

Lebih lanjut Abdoel Malikmenjelaskan, cendekiawan muda pada dasarnya sudah memiliki jatidiri yang kuat namun mahasiswa jaman sekarang sering tidak mengeluarkan sensing nya untuk melaksanakan perannya dan hasil akhirnya jadi useless. “Mereka paham apa yang harus mereka lakukan, namun gerakan mereka dengan adanya teknologi smart, masyarakatnya malah tidak menjadi demikian, kepekaan menjadi kurang. Hanya melihat mendengar, tahu namun tidak melakukan aksi,” tambahnya.

Today's Poem

The Pavement 

Straight—stony—stormy—
Windy—wavy—weary—
Heavy—foamy
Flowery—nasty
Blissful—tearful
Delightful—hateful

Though, I must reach the final lap.

"Alf"





BERITA

PENGUMUMAN

ARTIKEL