• (0281) 636751,630463,634424 ext.137
  • sastra@ump.ac.id
  • Jalan Raya Dukuhwaluh P.O. BOX 202
    Kembaran, Banyumas

Mahasiswa Asing Pelajari Pengobatan Tradisional Jamu di UMP

31 October 2017 by Berita 6606 Views
Rate this item
(0 votes)

Setelah sukses kenalkan industri batik pengolahan limbah pada International Project Based Learning belum lama ini, kini Kantor Urusan International Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menggelar program serupa yakni International Summer Course Program dengan tema “Indonesian Traditional (Herbal) Medicine and Cosmetics”.

Sedikitnya13 mahasiswa asing dari enam negara yaitu Republik Ceko, Bulgaria, Turki, Kamboja, Vietnam dan Malaysiamendalami pengobatan tradisional dan tanaman obat Indonesia serta belajar mengenal jamu sebagai obat herbal asli Indonesia, dalam program International Summer Course 2017, di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

“Pelajar asing dikenalkan tentang macam-macam obat asli traditional Indonesia. Seperti yang kita ketahui, kekayaan rempah-rempah yang dimiliki di Indonesia olahannya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dari penyakit seperti batuk hingga kanker. Mereka sangat terkesan dengan obat-obatan yang ada di Indonesia,” ujar Pinus Jumaryanto, Ph.D, Apt saat menyampaikan materi di Ruang Sidang UMP, Selasa (31/10/2017).

Selain mengenalkan Jamu, Pinus Jumaryanto, Ph.D, Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Islam Indonesia juga memberikan resep dan cara membuat jamu khas Indonesia.

Ia menjelaskan cara membuat ramuan herbal untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit perut dan lain-lain. “Walaupun banyak ramuan yang diciptakan di Indonesia seperti Jamu, tetapi telah ada standar yang menjaga kualitas obat herbal sehingga menjadi ‘Obat Herbal Terstandar’ jadi sudah jelas khasiatnya,” tandasnya.

Dari hasil pemantauan, banyak sekali diskusi interaktif antar peserta dan pembicara. Mereka memberikan contoh-contoh ramuan tradisional yang ada di negara mereka masing-masing dengan tanaman lokal yang ada di negaranya masing-masing.

Di luar negeri perkembangan teknologi telah menggeser ramuan tradisional dengan obat obat medis. Melalui ini diharapkan dapat membangun kembali manfaat obat tradisional bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lainnya.

Today's Poem

The Pavement 

Straight—stony—stormy—
Windy—wavy—weary—
Heavy—foamy
Flowery—nasty
Blissful—tearful
Delightful—hateful

Though, I must reach the final lap.

"Alf"





BERITA

PENGUMUMAN

ARTIKEL