PRESS RELEASE SUPER CAMP PEMBEKALAN MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES)

PRESS RELEASE
SUPER CAMP PEMBEKALAN
MAHASISWA BERPRESTASI (MAWAPRES)
4-5 Rajab 1442H / 16-17 Februari 2021M

Seleksi Mahasiswa Berprestasi UMP tahun 2021 kembali bergulir. Mahasiswa terbaik dari berbagai Fakultas saling bersaing untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama program sarjana dan diploma yang akan mewakili UMP dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi tingkat Nasional. Pada kesempatan ini, Fakultas Sastra UMP mengirimkan 2 mahasiswanya untuk mengikuti seleksi pimapres ini. Kedua mahasiswa tersebut bernama  Luna Nur Lestari dan Yunda Astri Lestari yang merupakan mahasiswa semester 4. Seleksi Mahasiswa Berprestasi UMP ini diselenggarakan oleh Student Scientific Center (SSC) yang bekerja sama dengan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pembekalan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) UMP yang bertajuk Super Camp ini diselenggarakan pada hari Selasa-Rabu tanggal 16-17 Februari 2021 dan berlokasi di Hotel Surya Yudha Purwokerto. Di hari pertama, acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP, Akhmad Darmawan, M.Si. dan dilanjutkan dengan Materi 1: Penjelasan Umum Pilmapres oleh Ragil Setyabudi, M.Kes. Kemudian setelah ishoma, acara dilanjut lagi dengan Materi 2: Penyusunan Naskah Gagasan Kreatif (Sarjana) dan Karya Unggulan (diploma) oleh Dr. Apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si., materi 3: Presentasi Efektif dan Pembuatan PPT oleh Dr. Ugung Dwi A.W., M.Si., dan Materi 4: Kerja Mandiri (Pembuatan Naskah Gagasan Kreatif (Sarjana), Karya Unggulan (Diploma)) dan Pendampingan

Pada hari kedua acara diawali dengan olahraga pagi serta team building. Setelah itu terdapat materi 5 yang disampaikan oleh Andri Hidayatullah, M.Pd. mengenai dinamika kelompok, kepemimpinan, dan berkomunikasi dengan bahasa inggris. Selanjutnya acara di tutup dengan materi 6 mengenai presentasi naskah gagasan kreatif (sarjana) dan gagasan unggulan (diploma) yang disampaikan oleh Dr. Apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si.  

Menurut penuturan Luna dan Yunda, hal yang harus mereka siapkan sebelum mengikuti kegiatan Super Camp ini adalah kesehatan fisik maupun mental. Karena acara ini adalah merupakan pengalaman baru bagi mereka. Mereka juga menambahkan bahwa mereka harus mempersiapkan dan mengembangkan gagasan kreatif yang telah mereka buat sebelumnya.

“Kesan saya selama mengikuti kegiatan supercamp adalah yang pertama kegiatan ini dapat menjadi motivasi untuk saya agar tidak hanya menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, yang bagus ipknya tapi harus menjadi mahasiswa yang bisa keluar dari zona nyaman. Yang kedua, dengan adanya acara ini saya juga mendapatkan teman-teman baru dari berbagai fakultas sehingga dapat meningkatkan nilai sosial saya terhadap orang lain. Ketiga, kegiatan ini membuat saya membuka pikiran dan terakhir kegiatan ini sangat menambah pengalaman bagi saya.”, tutur Luna saat diwawancarai.

Menurut Yunda sendiri ia berpikir bahwa ia merasakan nervous atau gerogi sebelum mengikuti kegiatan ini, namun saat acara itu tiba, ternyata acaranya sangat seru dan menambah pengalaman baru bagi dirinya. (zaza)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *